Apa Itu Link ? Pengertian, Fungsi dan Cara Memperpendek

Di zaman seperti sekarang ini, jika kita membuka salah satu halaman web biasanya ada acuan yang bisa digunakan agar halaman bisa saling terhubung ke halaman lainnya, sehingga inilah yang bisa kita sebut sebagai sebuah link.

Tentunya keterhubungan antara halaman yang satu dengan halaman yang lainnya memang sangat bermanfaat sebagai penghubung subjek. Dan di pembahasan kali ini kita akan mengetahui apa itu link, fungsi dan bagaimana cara memperpendek link.

Apa Itu Link ? Pengertian, Fungsi dan Cara Memperpendek

Pengertian Link

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kata ‘link’ ya, bagaimana tidak terkadang aktivitas kita setiap harinya memang cukup sering berkaitan dengan yang namanya link.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan link? Tentu secara garis besar, Anda sudah mengetahui apa itu link, namun mungkin saja belum mengetahui secara luas arti dari link itu sendiri.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa link adalah suatu link yang merujuk halaman yang satu ke halaman yang lainnya sehingga bisa menjelaskan sebuah nilai dengan rinci dan juga mempermudah untuk akses berbagi informasi.

Bahkan untuk Anda yang sering menggunakan Microsoft, pasti sudah tidak asing lagi dengan Hyperlink. Ya, Microsoft memang menyediakan Hyperlink agar memudahkan pengguna dalam memuat unsur-unsur yang ada penggunaan halaman.

Sebagai contoh sederhananya, jika kita ingin mendaftar ke salah satu sekolah maka harus mengetahui nama dan alamat sekolah yang dituju, setelah itu Anda bisa dengan mudah menemukan informasi apa saja yang ada di sekolah tersebut.

Link memang sangat bermanfaat, bahkan dalam suatu halaman web saja link memiliki andil besar dalam menerjemahkan dari apa yang dimaksud oleh isi konten tersebut.

Maka dari itulah mereka memuat kata kunci (keyword) yang bisa mewakili halaman tersebut. Selain bisa meningkatkan daya tarik, link juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan website tersebut.

Istilah-Istilah

Tahukah Anda ternyata ada begitu banyak istilah pada link. Kita memang lebih akrab dengan Hyperlink, namun nyatanya selain Hyperlink ada berbagai istilah lainnya, seperti:

  • Shotenlink

Adalah link yang dipendekan oleh pihak-pihak yang memang menyediakan pemendek URL. Tautan yang sebelumnya panjang akan dipendekan. Meskipun dipendekan tetap saja informasi yang ada di dalamnya tidak akan berubah.

Tautan yang panjang cukup mempersulit untuk diakses, maka dari itu link sengaja dibuat agar lebih pendek. Anda bisa menggunakan Bitly atau TinyURL untuk memperpendek link, kedua tools tersebut bisa Anda gunakan secara gratis!

  • SafeLink

Seperti namanya, digunakan sebagai pengaman karakter yang nantinya akan dimuat. Memang biasanya lebih panjang karena dikombinasikan dengan angka dan huruf yang kompleks. Ada banyak akses yang tidak diizinkan, maka dari itu SafeLink berguna untuk mengamankan tautan dari adanya akses yang tidak diizinkan.

  • Link Not Found

Tidak jarang ya saat kita mengakses suatu link maka akan mendapat pemberitahuan Link Not Found atau Error 404, sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Sebenarnya disebabkan oleh hal sederhana seperti penulisan link yang kurang tepat, adanya karakter yang terlewat atau kurang, susunan kata yang tidak lazim, atau bahkan tautan yang terlalu panjang.

  • Broken Link

Link menjadi tidak valid karena situs dari link tersebut sudah dihapus sehingga tidak bisa Anda akses lagi.

  • Spam Link

Spam link memang cukup mengganggu karena link dianggap tidak memiliki value. Untuk mengatasinya, Anda dapat melaporkan spam link ini.

  • Backlink

Merupakan rekomendasi atau suatu rujukan antar website dengan melalui direktori, halaman, domain yang bertujuan untuk mendapatkan kepentingan SEO, popularitas web dan bahkan dapat meningkatkan kredibilitas di suatu website yang dirujuk.

  • Link Building

Suatu proses yang bertujuan untuk bisa mendapatkan backlink dari suatu halaman website ke website personal. Tentunya hal ini bertujuan untuk menaikan pamor konten, membuat relasi, dan bahkan membuat konten berada di posisi teratas mesin pencari.

  • Internal Link

Tautan internal atau bisa juga disebut dengan internal link adalah link yang merujuk halaman yang satu ke halaman yang lain di satu website yang sama. Internal link memiliki tujuan untuk meningkatkan SEO dan menguatkan dari topik yang ingin diangkat.

  • Eksternal Link

Ini kebalikan dari internal link, karena link merujuk ke website lain sebagai salah satu sumber rujukannya.

Fungsi Link

Sebelum kita mengetahui cara memperpendek link, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja fungsi link.

  1. Memudahkan pada saat membagikan file, gambar, video, halaman dan lain sebagainya.
  2. Jika suatu saat ingin mengunjungi konten yang sama, maka ada bookmark data.
  3. Saat konten tidak bisa dimuat di satu halaman maka link bisa menjadi preferensi atau petunjuk.
  4. Sebagai identitas dari suatu konten yang ada di situs web.
  5. Untuk mengambil data dari suatu situs web.

Kekurangan Link

Sayangnya ada beberapa kekurangan link, seperti:

  1. Sering dianggap sebagai spam karena suatu konten yang ingin mendapatkan pamor secara berlebihan.
  2. Menjadi salah satu akses untuk kejahatan cyber karena bisa membuka seluruh informasi yang ada di akun (terkait dengan platform).
  3. Bisa merujuk ke informasi yang tidak tepat atau salah. Mungkin Anda pernah mengalami saat membuka website yang menggunakan fitur redirect ke halaman lain, sehingga Anda tidak menemukan informasi yang sesuai.
  4. Meskipun informasi bisa tersebar dengan cepat, sayangnya ada banyak juga informasi hoax yang menyebar dengan cepat.

Cara Memperpendek Link

Dan sekarang kita sudah sampai di pembahasan bagaimana cara memperpendek link yang terlalu panjang. Caranya sangat mudah, Anda perlu mengikuti langkah-langkah seperti:

  • TinyUrl

TinyURL ternyata sudah ada sejak tahun 2002, dan hingga saat ini pun masih banyak orang yang menggunakan TinyURL untuk memperpendek link. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke situs TinyURL, masukan link yang ingin diperpendek. Dan link yang lebih pendek pun sudah bisa Anda dapatkan.

  • Bitly

Cara memperpendek link juga bisa menggunakan Bitly. Bahkan jika Anda bertanya manakah aplikasi untuk memperpendek link terbaik saat ini, maka Bitly ini jawabannya.

Memperpendek link dengan aplikasi ini, Anda hanya perlu copy paste link mana yang ingin diperpendek ke kotak yang sudah disediakan. Tanpa perlu waktu lama, sekarang Anda sudah bisa mendapatkan link yang lebih pendek.

  • Soo.Gd

Dan yang terakhir ini bisa Anda coba secara gratis! Anda hanya perlu copy link dan paste ke kotak yang sudah disediakan. Setelah itu ada opsi custom yang bisa Anda pilih, dan link pendek sudah bisa Anda gunakan.

Ternyata ada banyak sekali ya istilah dan fungsi dari link. Meskipun link memiliki kekurangan, asalkan bisa kita gunakan dengan baik tentunya link akan sangat bermanfaat.

Jika ada link yang terlalu panjang, Anda bisa coba cara memperpendek link seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Memperpendek link dengan cara tersebut memang yang paling mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu memilih salah satu dari aplikasi memperpendek link tadi.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *